Boru Hasian dan Anak Na burju

Boru Hasian dan Anak Na burju
Elisabeth Thw Br. Regar dan Mathyas P. Siregar

Adalah baik menjadi orang penting tetapi lebih penting menjadi orang baik

DO WHAT EVER CAN YOU DO..

Rabu, 24 Maret 2010

TEORI KOGNITIF

Nama : Arnold Siregar
Mata Kuliah : Teori-Teori Pastoral
Dosen : Pdt. Jaharianson, S.Th, M.Sc, Ph.D



A. Pendahuluan
Terapi kognitif adalah jenis psikoterapi yang di kembangkan oleh Aaron Beck. Ia adalah seorang psikiate dengan latar belakang psikoanalis. Ia mengajar di University of Pennsylvania Medical Scholl dan memimpin Center for Cognitive Therapy. Ia berjasa menyumbangkan secara sukarela dalam pengembangan terapi kognitif untuk menyembuhkan bagi gagasan kedaan jiwa, terutama depresi.
Terapi kognitif adalah terapi yang mempergunakan pendekatan terstruktur, aktif, derektif dan berjangka waktu singkat, untuk menghadapi berbagai hambatan dalam kepribadian, misalnya ansietas atau depresi. Terapi ini didasarkan pada teori bahwa afek (keadaan emosi, perasaan) dan tindakan seseorang sebagaian besar ditentukan oleh bagaimana seseorang tersebut membentu dunianya. Pikiran manusia memberi gambaran tentang rangkaian kejadian di dalam kesadarannya. Gejala perilaku yang berkelainan atau menyimpang, berhubungan erat dengan isi pikiran, misalnya, seorang menderita ansietas karena mengantisipasi akan mengalami hal-hal yang tidak enak pada dirinya.
Dalam hal seperti ini, terapi kognitif dipergunakan untuk mengidentifikasi, memperbaiki gejala prilaku dan fungsi kognisi yang terhambat, yang mendasari aspek kongnitifnya yang ada. Terapi dengan pendekatan kognitif mengajar pasien atau klien agar berpikir lebih realistis dan sesuai sehingga dengan demikian akan menghilangkan atau mengurangi gejala yang berlebihan.


B. Pengertian Terapi Kognitif
Defenisi Terapi kognitif adalah terapi jangka pendek yang teratur, yang memberikan dasar berpikir pada klien untuk mengekspresikan perasaan negatifnya, memahami masalahnya, serta mampu mengatasi perasaan negatifnya dan mampu memecahkan masalah tersebut.
Untuk menciptakan rasa positif dalam hidup anda dan untuk mengatasi rasa murung memerlukan tehnik-tehnik baru. Tehnik-tehnik baru tersebut didasarkan pada suatu bentuk penanganan baru yang dikenal sebagai terapi kognitif, suatu tindak pendekatan yang cepat dalam menangani kekecewaan emosional seperti depresi dan kecemasan. Penanganan baru ini di sebut “terapi kognitif” yang melatih untuk mengubah cara anda menafsirkan dan memandang segala sesuatu pada saat anda mengalami kekecewaan sedemikian rupa hingga anda merasa lebih baik dan bertindak produktif. Tehnik mengatasi rasa murung sebenarnya sangatlah mudah dan efektif. Pada kenyataannya, terapi kognitif adalah bentuk pertama psikoterapi dalam sejarah yang dalam study-study riset klinis telah terbukti lebih efektif daripada terapi obat antidepresi terhadap depresi yang serius.
Terapi baru ini menekankan pada “campur tangan” penanganan yang didasari pada akal sehat. Proses kerjanya yang cepat telah menyebabkan keragu-raguan di antara banyak alhi terapi analitis yang berorientasi tradisional. Inti ajaran psikologi Kognitif adalah bahwa segala informasi yang masuk diproses di dalam kognisi manusia sebelum akhirnya menjadi keputusan, kesimpulan, pandangan, sikap atau prilaku. Burns mengemukakan bahwa, Kata Kognitif hanyalah sekedar mengacu pada bagaimana anda berpikir dan merasa tentang sesuatu, pada saat tertentu.
Tesis Dr. Beck tentang hal ini adalah :

Bila anda sedang mengalami depresi atau kecemasan, maka anda berpikir secara tidak logis dan negative, dan secara tidak sadar akan melakukan tindakan yang mengalahkan diri sendiri.
Dengan sedikit usaha anda dapat melatih diri untuk meluruskan pola berpikir anda yang terputar balik tersebut.
Dengan menghilangkan rasa sakit anda, anda akan bahagia dan produktif kembali, serta mulai menghargai diri sendiri.
Sasaran-sasaran ini biasanya dapat di capai dalam waktu yang relative singkat, degan mengunakan metode-metode yang lansung pada tujuan.

C. Kognisi dan Struktur Manusia
Beberapa ahli memberikan penjelasan tentang kognisi, antara lain:
a. Scheerer (1954) mengatakan, bahwa kognisi adalah proses sentral yang menghubungkan peristiwa-peristiwa di luar (eksternal) dan di dalam (internal) diri sendiri.
b. Festinger (1957) mengatakan, bahwa kognisi adalah elemen-elemen kognitif, yaitu hal-hal yang diketahui oleh seseorang tentang dirinya sendiri, tentang tingkah lakunya, dan tentang daerah sekitarnya sendiri.
c. Neisser (1967) mengatakan bahwa, kognisi adalah proses yang mengubah, mereduksi, memperinci, menyimpan dan mengungkapkan, dan memaki setiap masukan (input) yang datang dari alat indra.
d. Piaget (1959) menjelaskan perkembangan kognisi sebagai inti dari kepribadian manusia. Menurutnya, bagaimana seseorang berprilaku terhadap orang lain, tergantung pada sikapnya tentang orang itu dan konsep itu sendiri tergantung pada perkembangan kognisinya.

Dalam hal ini ada beberapa tahapan perkembangan kognisi menurut Piaget, yaitu: Usia 4-5 tahun, tahap pra operasional : Pada tahap ini konsep anak tentang orang lain masih sangat terpaku dengan hal-hal yang konkrit pada orang lain tersebut. Karena itu, konsep anak tentang orang lainpun dapat berubah-ubah setiap saat. Usia 7-10 tahun, tahap operasional konkrit: Anak dalam tahap ini sudah mengerti adanya perbedaan antara dirinya sendiri dengan orang lain dan berinteraksi secara tertutup terhadap perbedaan itu (suka atau tidak suka, menerima atau tidak menerima). Usia 12-15 tahun tahap operasional formal: Anak sudah dapat berpikir abstrak sehingga dapat menilai orang lain dengan cara membandingkan sifat-sifat orang lain tersebut dalam dua dimensi (dari sangat dipercaya, sampai sangat tidak dipercaya, atau sangat pandai, sampai sangat bodoh).
Defenisi dari “Struktur Kognisf” dikemukakan oleh beberapa tokoh antara lain:
a. Zajonc (1960)
Struktur kognitif adalah serangkaian sifat (attributes) yang terorganisir dan digunakan oleh individu untuk mengidentifikasi dan mendeskriminasi suatu objek atau peristiwa tertentu.
b. Scoot (1963)
Struktur kognitif adalah struktur yang terdiri dari elemen-elemen berupa ide-ide yang secara sadar dipertahankan oleh seseorang atau satu set ide yang dipertahankan orang yang bersangkutan dan setiap waktu tersedia bagi kesadaran.

D. Prinsip Terapi Kognitif
Terapi kognitif adalah terapi yang praktis dan berdasarkan akal sehat, dan dapat dipraktekkan untuk diri sendiri. Ada beberap prinsip dalam terapi kognitif yaitu:
Prinsip Pertama : Tarapi kognitif ialah bahwa semua rasa murung yang diciptakan oleh “kesadaran” atau pikiran. Kesadaran atau kognisi mengacu pada cara anda melihat sesuatu, seperti: presepsi anda, sikap mental dan keyakinan anda. Termasuk cara anda menafsirkan sesuatu, misalnya: apa yang diam-diam anda pikirkan tentang sesuatu atau seseorang. Anda merasa seperti yang anda rasakan saat ini karena pemikiran yang anda pikirkan pada saat itu.(berdialog dengan diri sendiri). Reaksi emosional anda bukan diakibatkan oleh apa yang dilihat melainkan karena cara berpikir anda. Pada saat anda mempunyai pikiran tertentu dan meyakininya, maka anda akan mengalami suatu respon emosional seketika. Pemikiran anda sesungguhnya menciptakan emosi tersebut.
Prinsip Kedua: Jika sedang depresi, pemikiran dikuasi oleh suatu kenegatifan yang dalam. Presepsi yang terjadi bukan hanya dalam diri sendiri tetapi juga seluruh dunia, dalam suasana gelap dan suram. Dan yang lebih buruk lagi akan mempercayai segala sesuatu buruk adanya, bila meninjau ke masa lalu maka yang muncul hanya segala sesuatu yang buruk yang terjadi, sedangkan tentang masa depan hanya sebagai kekosongan. Padangan ini menciptakan perasaan tanpa harapan. Perasaan ini memang tidak logis sama sekali, naun agaknya sedemikian nyata sehingga muncul keyakinan bahwa dalam diri sendiri ada ketidaksempurnaan dan ketidak berdayaan dan hal ini akan terus berlanjut.
Prinsip Ketiga: Prinsip ini memiliki makna terapeutik dan falsafah yang penting, bahwa pemikiran negative yang menyebabkan kekacauan emosional, hampir selalu berisi penyimpangan dan keterputabalikan yang besar. Walaupun pemikiran ini sahid (valid) maka akan diketahui bahwa semia itu tidak rasional dan salah, dan bahwa pemikiran terputarbalik merupakan satu-satunya penyebab dari semua penderitaan anda.

E. Defenisi Distorsi Kognitif

1. Pemikiran “segalanya atau tidak sama sekali”.
Hal ini menunjuk kepada kecenderungan anda mengevaluasi kualitas-kualitas pribadi anda dalam kategori “ hitam atau putih” secara ekstrim. Jika prestasi anda kurang sempurna, maka anda memandang diri anda sendiri sebagai seorang yang gagal total dan tidak berharga.
2. Terlalu menggeneralisasikan (over-generalisasi)
Anda memandang suatu peristiwa yang negative sebagai sebuah pola dan kekalahan tanpa akhir. Rasa sakit dikarenakan suatu penolakan hampir selalu disebabkan oleh cara berpikir yang over generalisasi. Bila cara berpikir seperti ini tidak ada, maka suatu penghinaan terhadap diri kita memang terkadang terasa mengecewakan tetapi tidak akan dapat mengganggu secara serius.
3. Filter Mental
Anda mengambil suatu hal kecil yang negative dalam situasi tertentu, terus memikirkannya, dan dengan demikian lalu mempresepsikan seluruh situasi sebagai negative pula. Jika Anda mengalami depresi, maka anda seolah mengenakan kaca mata berlensa khusus yang dapat menyaring segala sesuatu yang positif. Satu-satunya hak yang anda biarkan memasuki kesadaran anda adalah yang bersifat negative. Karena anda tidak menyadari “proses penyaringan” ini, maka anda menyimpulkan bahwa segala-galanya selalu negative. Istilah teknis untuk proses ini ialah “abstraksi selektif”. Ini merupakan suatu kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan anda mengalami berbagai penderitaan yang tidak perlu.


4. Mendiskualifikasikan yang positif
Suatu ilusi mental yang bahkan lebih spektakuler lagi adalah suatu kecenderungan yang menetap pada diri orang-orang yang depresi, untuk mengubah pengalaman-pengalaman yang netral atau bahkan yang positif sekalipun menjadi negative. Bukan hanya mengabaikan pengalaman-pengalaman yang positif malah mengubahnya menjadi kebalikannya. Tindakan mendiskualifikasi hal-hal yang positif merupakan salah satu dari bentuk distorsi kognitif yang paling merusak.
5. Loncatan ke Kesimpulan
Membuat suatu penafsiran negative walaupun tidak ada fakta yang jelas mendukung kesimpulan. Dua contoh dari jenis distorsi ini adalah :
a. Membaca pikiran: anda berasumsi bahwa orang lain sedang memandang rendah anda dank arena keyakinan tidak ada usaha untuk mengeceknya. Pola perilaku yang mengalahkan diri sendiri ini dapat jadi suatu “self-fulfilling prophecy” (menciptakan sesuatu dengan ramalan sendiri) dan akhirnya membuat suatu interaksi yangnegatif dengan orang lain.
b. Kesalahan Peramal: Mengharapkan segala sesuatu akan berubah menjadi sangat buruk, dan merasa yakin bahwa ramalan tersebut merupakan suatu fakta yang pasti.
6. Pembesaran (“Pembencanaan”) atau Pengecilan:
Melebih-lebihkan pentingnya sesuatu hal (misalnya kesalahan anda dan kesuksesan orang lain). Atau dengan tidak tepat mengerutkan segala sesuatu sehingga menjadi sangat kecil (misalnya: Sifat anda yang baik dan cacat orang lain) ini disebut “permainan teropong.”
7. Penalaran emosional:
Menganggap bahwa emosi-emosi yang negative mencerminkan bagaimana sebenarnya realita: “saya merasa begitu, maka pasti begitu”.
8. Pernyataan “HARUS”: mencoba mengerakkan diri sendiri dengan “harus” serta “seharusnya tidak” seolah-olah anda dicambuk dan dihukum sebelum dapat diharapkan melalukan apapun. Perkataan “mestinya” juga menyerang diri anda. Konsekwensinya emosionalnya adalah rasa bersalah. Bila diarahkan pernyataan “harus” tersebut terhadap orang lain, maka anda akan merasakan amarah, frustasi, dan kejengkelan.
9. Memberi Cap dan salah memberi Cap: suatu bentuk ekstrim dari over-generalisasi. Bukan menguraikan kesalahan malah member cap negative terhadap diri sendiri. “saya memang seorang yang sial”. Jika prilaku orang lain menyinggung perasaan anda, maka anda menempelkan cap negative kepadanya “ia memang seorang yang bodoh” . salah member cap berarti menggambarkan suatu peristiwa dengan bahasa yang sangat dipenuhi emosi.
10. Personalisasi: memandang diri sebagai penyebab dari suatu peristiwa eksternal yang negative, yang dalam kenyataan sebenarnya bukanlah anda yang pertama-tama bertanggung jawab akan hal tersebut.

F. Penerapan Terapi Kognitif
Terapi Kognitif dapat digunakan dalam rangka membantu menangani berbagai masalah yang dihadapi individu: seperti : depresi, kecemasan dan gangguan panik, atau dalam menghadapi peristiwa hidup lainnya, seperti: kematian, perceraian, kecacatan, pengangguran, masalah yang berhubungan dengan anak-anak dan stres.
Terapi kognitif adalah suatu teknologi tindak cepat dari modifikasi “mood” atau rasa murung, yang dapat di pelajari dan diterapkan untuk diri sendiri. Arti dari “tindakan cepat” di sini adalah ketika seseorang mengalami depresi maka ia tidak akan sanggup menjalani terapi yang lama, yang membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, sebelum berhasil. Sangat perlu mempelajari bagaimana cara melenyapkan gejala tersebut secepat mungkin, agar dapat merasakan perkembangan pribadi yang sedemikian rupa sehingga dapat memperkecil kekecewaan atau gangguan di masa datang serta terhindar dari siksaan emosional karena depresi lagi.
Dalam terapi kognitif terdapat teknik control “mood” yang sederhana yang memiliki tujuan, sebagai berikut:
1. Perbaikkan Simtomatik secara cepat: Terhentinya segala gejala depresi seiring terjadinya dalam waktu sesingkat dua belas minggu.
2. Memahami: Penerangan yang jelas mengapa anda murung dan apa yang dapat anda lakukan untuk mengubahnya. Dan mengetahui penyebab cengraman kuat perasaan anda; bagaimana memberdakan emosi yang “normal’ dan yang “abnormal” serta bagaimana mendiagnosa dan menaksir tingkat keakutan perasaan sedih anda.
3. Kenali diri: Penerapan strategi pertolongan diri yang efektif dan aman, sehingga dapat kembali merasa baik, kapan saj mengalami kekecewaan.
4. Pencegahan dan pertumbuhan pribadi: “Prophylaxis” atau pencegahan, yang sejati dan bertahan lama terhadap gelombang rasa murung di masa depan dapat bersandar pada penilaian kembali beberapa nilai dan sikap dasar yang melatarbelakangi kecendrungan mengalami depresi.
Terapi kognitif memusatkan pada pikiran dan perasaan seorang, di sini dan pada saat sekarang. Terapi tersebut tidak mencoba melacak asal problema pasien ke dalam masa lampaunya. Pendekatan kognitif menganggap, bahwa reaksi, motif dan tindakan emosional seorang dibimbing oleh pola berpikir yang merupakan kebiasaannya. Sering kita tak sadar akan pikiran tersebut dan control tingkat tinggi yang mereka usahakan lewat kehidupan dari dalam. Berikut ini adalah teknik terapi kognitif dari Aaron Beck:
1. Mengisi kekosongan: Prosedur dasar untuk membantu pasien mengidentifikasikan pikiran otomatisnya, ia melatihnya mengobservasi urutan peristiwa ekstrem dan reaksinya terhadap peristiwa tersebut. Pasien dapat melaporkan sejumlah lingkungan di mana ia merasakan kegelisahan. Biasanya ada gap (jarak) antara situmul (rangsangan) dengan respon (tanggapan) emosional. Kegelisahan emosional menjadi dapat dipahami, jika ia mengumpulkan kembali pikirannya yang timbul selama gap tersebut.
2. Distancing dan Decentering: Proses yang mengarahkan pikiran secara obyektif disebut distancing (menempatkan jarak). Seorang dapat memeriksa pikiran otomatisnya sebagai fenomena psikologi ketimbang identik terhadap realita, berarti ia berkapasitas atas distancing. Misalnya, saja seorang pasien karena tak ada alasan yang dapat dibenarkan, mempunyai pikiran bahwa ”orang itu musuhku” Jika ia secara otomatis menyamakan pikiran tersebut dengan realita, distancignya jelek. Kalau ia bisa menganggap ide tersebut sebagai hipotesa dari pada menerimanya sebagai fakta, maka distancingnya baik. Kemampuan membedakan hal demikian sangat penting dalam sector tersebut dari reaksi pasien yang terkena distorsi. Tekni membuka dengan paksa guna mengendurkan pola dari anggapan dirinya sebagai titik vocal dari semua peristiwa, disebut decentering.
3. Pembuktian kesimpulan: Setelah pasien mampu memperjelas pembedaan antara proses mental intern dengan dunia luar yang merangsangnya, masih penting untuk mendidik sehubungan dengan prosedur guna memperoleh pengatuhan yang akurat. Teknik yang dapat dilakukan adalah dengan penjelajahan kesimpulan dan mengetes terhadap realita. Ahli terapi bekerja dengan pasien guna menerapkan peraturan dari bukti terhadap kesimpulannya. Ini terdiri dari pengecekan observasi, lalu rute menuju kepada kesimpulan.
4. Perubahan peraturan: Kita tahu bahwa orang menerapkan peraturan (rumusan, persamaan, dasar pikiran) dalam mengatur kehidupannya sendiri dan dalam mencoba mengubah tingkah laku orang lain. Mereka menamakan, menafsirkan dan mengevaluasi menurut peraturan mereka sendiri. Peraturan perlu di ubah bentuknya, sehingga menjadi lebih singkat dan akurat, kurang egosentris serta lebih elastis. Jika peraturan salah maka ahli dan pasien bekerja sama untuk mengganti dengan peraturan yang lebih realities dan adaptif.
5. Strategi secara keseluruhan: Prinsip membentuk kerangka bagi terapi kognitif yaitu: menjelaskan distorsi pasien, perintah sendiri, dan pendekatan sendiri yang membawa kepada ketidakmampuan atau kesukaran. Dan membantu pasien mengadakan perubahan peraturan yang menghasilkan sinyal kesalahan sendiri. Ahli terapi harus menggunakan strategi secara keseluruhan afar tidak mengalami proses yang tidak menentu.
Terapi Kognitif-Behavioral (TKB) merupakan proses terapi yang mengambil banyak bentuk, secara ringkas, Beth Horwin mengemukakan proses konseling kognitif- behavioral ini, sebagai berikut:
• Membantu klien dalam mengenali, menganalisis dan mengelola keyakinannya.
• Membiarkan klien bersandar pada memorinya, dan berusaha untuk memvalidasimya.
• Menempatkan dan menitikberatkan pada keyakinan klien, tentang siapa dirinya dan apa tujuan hidup dia di dunia ini
• Menjaga fokus pada upaya meningkatkan “kepuasan hidup secara menyeluruh”, bukan pada upaya penurunan emosi yang negatif
• Membelajarkan dan mendidik yakni memberikan kesempatan kepada klien untuk memeriksa/memguji kembali apa yang telah diucapkannya dengan kenyataan dirinya.
• Mengidentifikasi dan berbagai keterampilan praktis (misalnya, tentang penetapan tujuan dan pemecahan masalah). Melanjutkan untuk melakukan pekerjaan ini untuk waktu jangka panjang, setelah proses konseling selesai.
Tiga hal langkah penting yang dapat kita ambil ketika mengalami kekecewaan dan menderita ialah:
1. Pusatkan perhatian pada pemikiran otomatis yang negative terseut dan tuliskan semuanya. Jangan membiarkan semua itu berterbangan di benak anda; “ikatlah” semuanya itu di atas kertas.
2. Bacalah lagi daftar sepuluh distorsi kognitif. Pelajari baik-baik bagaimana anda telah memutar balik dan “menggelembungkan” suatu hal melebihi proporsi yang sebenarnya.
3. Gantilah dengan pikiran yang obyektif, yang akan mengalahkan pemikiran penyebab rendah diri anda. Pada saat anda mengerjakan ini, anda akan mulai merasa baik. Anda akan meningkatkan harga diri anda, dan perasaan ketidakberhargaan (tentu saja depresi) akan lenyap.

G. Penutup dan Refleksi teologis
Dalam kehidupan manusia yang berinteraksi dengan sesama dan lingkungan tidak luput dari adanya pertentangan yang mengakibatkan adanya kekecewaan, kecemasan bahkan depresi. Segala sesuatu yang di pikirkan manusia tentang dirinya dapat mengakibatkan terjadinya distorsi. Ketika distorsi terjadi maka manusia tersebut masuk dalam lingkaran permasalahan dalam dirinya dan dengan orang lain. Hal ini perlu mendapat pertolongan secara psikologis agar manusia tersebut mampu memahami, mengerti dan memecahkan permasalahan tersebut.
Salah satu dari terapi psikologi yang dapat membantu adalah Terapi Kognitif. Terapi ini dapat digunakan dalam rangka membantu menangani berbagai masalah yang dihadapi individu: seperti : depresi, kecemasan dan gangguan panik, atau dalam menghadapi peristiwa hidup lainnya, seperti: kematian, perceraian, kecacatan, pengangguran, masalah yang berhubungan dengan anak-anak dan stress.
Manusia hidup dan dapat bertahan hidup dikarenakan penyertaan Tuhan “Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu”. (1 Petrus 5:7). Allah juga telah menyatakan kasih penyertaannya terhadap manusia baik ketika manusia itu mengalami gangguan dalam pemikiran dan mengalami ketidakstabilan emosi. “Apabila bertambah banyak pikiran dalam batinku, penghiburan-Mu menyenangkan jiwaku”. (Mazmur 94:19).





Daftar Pustaka

Burns, David D. M.D, Terapi Kognitif – Pendekatan Baru Bagi Penanganan Depresi, Jakarta : Erlangga, 1988.

Goleman, Daniel & Speeth, Kathleen Riodan, Esensial Psikoterapi-Teori dan Praktek Para Ahli, Semarang: Dahara Prize, 1987.

Gunarsa, Singgih, , Konseling dan Psikoterapi, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2000.


Sarwono ,Sarlito Wirawan, Psikologi Sosial, Individu dan Terapi-Terapi Psikologi Sosial, Jakarta: Erlangga, 2002.

---------------------------------,Teori-Teori Psikologi Sosial, Jakarta: PT. RajGrafindo Persada, 2005.

www. Terapi Kognitif-Behavioral, diakses tanggal , 04 november 2009.

Beth Horwin, LPC, A Perspective on Cognitive Behavioral Therapy., www.cognitive therapy, di akses tanggal 27 September 2009.

www. Terapi Kognitif, Bagian Jiwa-Fakultas ilmu keperawatan Universitas Indonesia, diakses tanggal , 04 november 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar